Membangun Budaya Organisasi pada Pembelajaran di Sekolah

Authors

  • Utamirohmahsari Utami Saba Sabajaya

Keywords:

Budaya Organisasi Sekolah, Pembelajaran di Lingkungan Sekolah, Efektivitas Pendidikan di Sekolah

Abstract

Budaya organisasi dalam konteks pendidikan, terutama di lingkungan sekolah, memiliki peran krusial. Selain mencerminkan nilai-nilai, keyakinan, dan praktik-praktik yang ada, budaya sekolah juga mengalami transformasi seiring waktu. Di Indonesia, budaya sekolah dihadapkan pada tantangan budaya asing yang mungkin tidak sesuai dengan nilai-nilai lokal. Oleh karena itu, penting untuk membangun dan memelihara budaya organisasi sekolah yang positif, yang mampu mengakomodasi perkembangan zaman dan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur untuk menyoroti pentingnya membangun budaya organisasi yang positif dalam pembelajaran di sekolah. Budaya organisasi sekolah yang kuat dapat meningkatkan kualitas pendidikan, memfasilitasi komunikasi terbuka, meningkatkan rasa memiliki, dan mempromosikan adaptasi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi. Komitmen, kompetensi, dan konsistensi diidentifikasi sebagai aspek kunci dalam membangun budaya organisasi yang positif. Komitmen semua anggota sekolah penting untuk menciptakan fondasi yang stabil, sementara kompetensi memastikan kontribusi yang efektif terhadap tujuan bersama. Konsistensi dalam menerapkan nilai-nilai budaya sekolah adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berdaya tahan. Dengan demikian, upaya untuk membangun dan memelihara budaya organisasi sekolah yang positif menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas dan relevansi pendidikan dalam menghadapi berbagai tantangan masa kini dan mendatang.

References

Argadinata, H., Yulianti, H., Mayudho, I., Rahmadani, I. W., Wijaya, K. F. S., & Diakonesty, M. I. (2022). Pengembangan Sistem Manajemen Kesiswaan Untuk Meningkatkan Implementasi Budaya Organisasi Sekolah. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD dan Pendidikan Dasar, 1(1).

Brooks, M. C., & Mutohar, A. (2018). Islamic School Leadership: a Conceptual Framework. Journal of Educational Administration and History, 50(2), 54–68.

Eny, W. S. (2018). Pengembangan budaya organisasi di sekolah. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 19, 1–12.

Indarwati, L. A., Apriliana, R. A., Ramandhani, D. M., & Masduki, Y. (2023). Membangun Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan Islam. An-Nuha, 3(1), 1-9.

Jumadan. (2017). Budaya Organisasi pada Lembaga Pendidikan Islam. Shautut Tarbiyyah, 36, 1–18.

Majdina, G. I., & Siti, N. H. (2018). Upaya Kepala Madrasah dalam Membina Budaya Organisasi dan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di MIN 5 Majalengka. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 21–45.

Prasetyo, M. A. M. (2019). Sistem Pasar Output Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 136–153.

Roni, H., Sulistyorini, & Samsudin. (2020). Pengembangan Budaya Organisasi Dalam Mewujudkan Lembaga Pendidikan IslamUnggulan: Studi Deskriptif Kualitatif di Sekolah Dasar IslamTerpadu Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Jurnal Pemikiran KeIslaman, 31(1), 35–48.

Rony, R. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik: The Urgency of School Organizational Culture Management Against Character Building Students. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 98-121.

Salabi, A. S., & Prasetyo, M. A. M. (2022). Studi tentang pelembagaan substansi budaya organisasi dalam konsep learning organization. Reflektika, 17(1), 63-94.

Sutarsih, S. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Organisasi DI SMP Negeri Pulau Lebar Musi Rawas utara. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14(1), 36-45.

Syihabuddin, M. A. (2019). Budaya Organisasi Lembaga Pendidikan Dalam Perspektif Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 11(2), 110–119

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP -Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Ulinnuha, N. R. (2019). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam. TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 141–152.

Wiyono, B. (2021). Strategi Pengembangan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 1(2), 51–57.

Yusuf, M. H. (2017). Pengembangan Budaya Organisasi Dalam Lembaga Pendidikan. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 81–96.

Downloads

Published

2024-06-26