Pemberian Motivasi Belajar PJOK Melalui Model Permainan Fundamental Tournament

Authors

  • Dr.Resty Gustiawati S.Pd M.Pd
  • Adit Maulana
  • Amelia Putri Sapitri
  • Andreas Ritonga Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Bido Febrian Rahmat Khairul Surijat

Keywords:

Motivasi, PJOK, Peserta didik, siswa, pembelajaran

Abstract

Masalah dalam pengabdian ini adalah pemberian motivasi kepada siswa dalam pembelajaran PJOK (Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan) agar tidak terjadi kurangnya motivasi atau semangat dalam melakukan pembelajaran. Kurangnya motivasi ini biasa disebabkan oleh kecanduan bermain gadget atau game online pada peserta didik serta kekurangmampuan siswa dalam membagi waktu belajar dan bermain. Tujuan diadakannya pengabdian ini adalah untuk memberikan motivasi kepada peserta didik sehingga lebih meningkatkan semangatnya dalam belajar mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan maupun pembelajaran mata pelajaran lainnya. Pemberian motivasi belajar ini dilakukan dengan metode permainan fundamental tournament sehingga peserta didik jadi lebih termotivasi dalam melakukan pembelajaran dan menumbuhkan sikap – sikap yag positif seperti kerjasama, mental yang baik, sportifitas tinggi, dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengikuti tournament yang sebenarnya.

References

BP, A. R. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur - unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2-3.

Fahrudin. (2022). Model Pembelajaran Fundamental Tournament. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang.

Hendri, G. (2020). Motivasi siswa dalam proses pem belajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Jurnal Patriot, Volume 2, 171.

Sudarsinah. (2021). Pentingnya pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bagi anak usia sekolah dasar. Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, Volume 3, 2.

Tysara, L. (2023, Juni 28). Pengertian Pendidikan, Pahami Tujuannya Menurut Undang-Undang. Retrieved from liputan6.com: https://www.liputan6.com/hot/read/5310230/pengertian-pendidikan-pahami-tujuannya-menurut-undang-undang?page=3

Downloads

Published

2024-07-29