Pelatihan inovasi produk daun singkong dengan kemasan green pack sebagai upaya pemanfaatan produk lokal

Authors

  • Sesri Sellina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Supriyati
  • Asral
  • Karyono

Keywords:

Pelatihan, Inovasi, Green Pack

Abstract

Penelitian ini membahas kegiatan inovasi produk berbasis daun singkong sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi lokal dan mengurangi dampak negatif limbah plastik. Dengan fokus pada pengembangan kemasan ramah lingkungan "Green Pack", kegiatan ini melibatkan ibu-ibu dan remaja perempuan dari desa Kabupaten Karawang. Hasil dari kegiatan tersebut meliputi pembuatan camilan dari daun singkong yang kaya akan serat dan vitamin, desain kemasan yang menarik untuk produk tersebut, pemahaman yang lebih dalam tentang cara menggunakan sumber daya alam secara efektif, serta langkah awal dalam membentuk kelompok usaha bersama untuk mengembangkan potensi ekonomi mereka secara bersama-sama. Metode pelaksanaan mencakup tahapan survei lokasi, eksperimen, desain kemasan, sosialisasi, penyediaan bahan produksi, dan pelatihan produksi. Meskipun demikian, optimalisasi produk kemasan masih diperlukan untuk bersaing dengan produk konvensional. Dengan demikian, penelitian ini menawarkan kontribusi bagi pengembangan ekonomi lokal dan praktik pembuatan kemasan yang ramah lingkungan

References

Handayani, S. M., & Sundari, M. T. (2016). Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Pembuatan Keripik Belut Daun Singkong di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Jurnal DIANMAS, 5(1), 23–34.

Humaidi, Ismail. (2015). Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Industri: Studi Terhadap Masyarakat di Sentra Industri Kecil di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember Jawa Timur. Yogyakarta. Universitas Negeri Sunan Kalijati Yogyakarta.

Oktaningrum, G. N., Ambarsari, I., & Endrasari, R. (2017). Analisis Kelayakan Ekonomis Substitusi Tepung Lokal Pada Pembuatan Keripik Daun Singkong. Jurnal Holtikultura, 3(1), 660–667.

Prasetyo, A. (2018). Potensi Peningkatan Produktivitas Kewirausahaan Berbasis Model Penguatan Teknopreneur pada Hasil Inovasi Kota Magelang pp: 18.

Rahyu, Y, & Aziz, I. A. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Kingkong (Keripik Daun Singkong) Sebagai Potensi Usaha Kreatif Bagi Masyarakat Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–7.

Rusyidi, Noviana. (2016). Pengaruh PenerapanEkonomi Kreatif Terhadap Kreativitas Remaja Di Kota Lhokseumawe (Studi Kasus Pada Seni Tari Sanggar Cut Meutia, vol.5 No.1.

Sakti, Arif Barata dan Andjar Prasetyo. (2018). Potensi Peningkatan Produktivitas Kewirausahaan Berbasis Model Penguatan Teknopreuner Pada Hasil Inovasi Di Kota Magelang. Vol.3 No. 1. Magelang.

Suhendra, D dan Suhardi, D. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kerupuk Dorokdok Desa Cibuingbin Kecematan Cibingbin Kabupaten Kuningan. Empowerment:Jurnal Pengabdian Masyarakat.1(1):45-52.

Supriyadi, Dudi. (2017). Upaya Menumbuhkan Kegiatan Usaha Ekonomi Produktif. Sumedang: Perguruan Tinggi Sumedang.

Supriyono dan Pandji S. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Produk. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Sutandar, W. Angel. Josunarto, T. Kusno. JI dan Teja, A. (2019). Investor Limited Information Processing Capacity: Industry Level Analysis. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 8(1):99- 112.

Ulfi Pristina, Cholis Hidayati dkk. (2016). Peningkatan Kualitas Dan Produktivitas Santan Kelapa Pada Kelompok Usaha Perajin Kelapa. Surabaya: Universitas Surabaya.

Downloads

Published

2024-05-30