Pelatihan Komunikasi dalam Meningkatkan Pemasaran Terhadap UMKM

Authors

  • Mohamad Sudi

Keywords:

Pelatihan komunikasi, pemasaran, Usaha Mikro Kecil Menengah

Abstract

Pelatihan Komunikasi yang dilakukan terhadap UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), apabila dikelola dengan baik dengan pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang modern dapat memberi nilai tambah ekonomi dan membuka lapangan kerja baru. Oleh karena itu, perlu pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan wirausaha masyarakat. Melalui metode pelatihan dalam bentuk ceramah, diskusi dan simulasi pada masyarakat dan unit UMKM Di Papua, didapatkan hasil adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan dalam kewirausahaan dan manajemen komunikasi pemasaran melalui platform digital e-commerce. Saran dalam kegiatan ini adalah perlunya pendampingan sebagai upaya monitoring terhadap keberhasilan program pengabdian masyarakat.

References

Adi, I. R. (2008). Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat. PT Raja Grafindo Persada.

Andilala. (2020). Upaya pemerintah memaksimalkan peran UMKM di masa pandemi COVID-19. Antara.Com.

Ari Sulistyanto, Dwinarko, Tabrani Syafrizal, Saeful Mujab “Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Komunikasi Pemasaran bagi Pelaku UMKM pada Masyarakat di Kelurahan Ponggang, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang” Jurnal Abdidas Volume 2 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 34-40 JURNAL ABDIDAS http://abdidas.org/index.php/abdidas

Müller, K. W., Dreier, M., Beutel, M. E., Duven, E., Giralt, S., & Wölfling, K. 2016. A hidden type of internet addiction? Intense and addictive use of social networking sites in adolescents. Computers in Human Behavior. 55: p. 172-177

Sarafino, E.P., & Smith, T.W. 2011. Health Psychology Biopsychosocial Interactions Edisi 7. USA: John Wiley & Sons, Inc

Sanjaya, Ridwan & Tarigan, Josua. 2009. Creative Digital Marketing Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif dan Berdaya Hasil Gemilang. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Seth, G. 2012. Analyzing the effects of social media on the hospitality industry. (Online). (digitalscholarship.unlv.edu), Accessed on Agustus 25th 2020.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. 2017. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons.

Downloads

Published

2023-11-30