Implementasi Pendidikan Tentang Perubahan Iklim dan Mitigasi Lingkungan

Authors

  • Allysha Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Mitigasi lingkungan, Kesadaran ingkungan, Pembelajaran lingkungan, Pendidikan lingkungan, Perubahan iklim

Abstract

Perubahan iklim dan kerusakan lingkungan telah menjadi tantangan global yang membutuhkan respons kolektif dari masyarakat. Dalam konteks ini, implementasi pendidikan tentang perubahan iklim dan mitigasi lingkungan menjadi krusial dalam upaya mengatasi dampak-dampak negatif yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis efektivitas implementasi pendidikan tersebut dalam lingkungan pendidikan formal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru dari berbagai tingkat pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan tentang perubahan iklim dan mitigasi lingkungan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa tentang isu-isu lingkungan. Namun, tantangan dalam mengintegrasikan materi pendidikan tersebut ke dalam kurikulum dan menumbuhkan kesadaran aktif di antara siswa tetap menjadi fokus utama. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan strategi pendidikan yang lebih efektif dan terarah untuk mengatasi perubahan iklim dan mitigasi lingkungan, serta perluasan cakupan implementasi pendidikan ini ke berbagai tingkat dan lembaga pendidikan.

References

Ainurrohmah, S. & Sudarti, S. (2022). Analisis Perubahan Iklim dan Global Warming yang Terjadi sebagai Fase Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 3(3), 1 – 10.

Alisjahbana, S. T. (Ed.). (2016). Implementasi Prinsip-Prinsip Deklarasi Rio dalam Kerangka Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Jakarta, Indonesia: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Alkhajar, Eka Nada Shofa. (2014). Media, Masyarakat dan Realitas Sosial. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Alkhawaldeh, A. (2017). School-Based Teacher Training in Jordan: Towards On-School Sustainable Professional Development. Journal of Teacher Education for Sustainability, 19(2), 51-68.

Azeiteiro, Ulisses M., Walter Leal Filho and Luisa Aires. (2018). Climate Literacy and Innovations in Climate Change Education. Cham: Springer International Publishing AG.

Boon, H.J. (2016). Pre-service teachers and climate change: A stalemate. Australian Journal of Teacher Education, 41(4):39– 63.

Dewi, I. P. S. (2015). Kajian Implementasi Prinsip-Prinsip Deklarasi Rio terkait Kehutanan dan Lingkungan Hidup di Indonesia. Jurnal Lingkungan dan Pembangunan, 13(2), 107-120.

Direktorat Jenderal Perubahan Iklim dan Konservasi Alam. (2017). Upaya Pemerintah Indonesia dalam Menerapkan Prinsip-Prinsip Deklarasi Rio terkait Pengelolaan Sumber Daya Alam. Jakarta, Indonesia: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93- 196.

Erlina, N. (2021). Kesiapan Calon Guru IPA dalam Pengembangan Rencana Pembelajaran Berbasis Education for Sustainable Development. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 142-150.

Fitriani, D. (2011). Peran Pemerintah Daerah dalam Implementasi Prinsip-Prinsip Deklarasi Rio di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 8(2), 120-135.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar.

Haryanto, H. C., & Prahara, S. A. P. (2017). Yakinkah dengan adanya perubahan iklim? INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8 (2), 88-99.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2018). Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Deklarasi Rio dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Jakarta, Indonesia: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Kusuma, A. (2013). Dampak Implementasi Prinsip-Prinsip Deklarasi Rio terhadap Pembangunan Infrastruktur di Indonesia. Jurnal Infrastruktur Lingkungan, 5(2), 78-91.

Luthfia, Agusniar Rizka and Eka Nada Shofa Alkhajar. (2018). Strengthening Public Awarenesson Climate Change: Lesson learned from a youth social movement in Yogyakarta, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. Vol. 200, 012033.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41.

Downloads

Published

2024-04-29