Manajemen Konflik Pada Lembaga Pendidikan

Authors

  • Zikry Indra Zikry Saba Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Manajemen, Manajemen Konflik, Pendidikan, Lembaga

Abstract

Konflik merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan organisasi, termasuk di lingkungan pendidikan. Artikel ini mengulas berbagai aspek konflik dalam organisasi, mulai dari sumber-sumber konflik hingga pentingnya manajemen konflik yang efektif. Konflik dalam konteks pendidikan sering muncul dari perbedaan pandangan, nilai, dan tujuan antar individu atau kelompok. Namun, konflik juga dapat menjadi peluang untuk inovasi dan pertumbuhan pribadi jika dikelola dengan baik. Manajer dan pemimpin organisasi pendidikan memiliki peran kunci dalam mengelola konflik dengan efektif, dengan mempromosikan komunikasi yang terbuka dan memfasilitasi penyelesaian konflik yang konstruktif. Metodologi penelitian yang menggunakan kajian pustaka sebagai pendekatan utama. Dengan demikian, artikel ini memberikan wawasan tentang pentingnya manajemen konflik dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang harmonis dan produktif. Manajemen konflik mencakup upaya pencegahan, penyelesaian, pengelolaan, resolusi, dan transformasi konflik dengan memperkuat kerja sama, meningkatkan kemampuan komunikasi, dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang konflik dan pengelolaannya, organisasi dapat mencapai kinerja yang lebih baik dan menciptakan lingkungan yang produktif bagi semua pihak yang terlibat.

References

Anwar, K. (2018). Urgensi penerapan manajemen konflik dalam organisasi pendidikan. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 31-38.

Asil, I., Lutfiani, R., Amalia, F., & Syarifudin, H. E. (2023). Manajemen konflik di lembaga pendidikan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7).

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Efendi, N. (2015). Islamic Educational Leadership. Yogyakarta: Kalimedia.

Mahardika, Mahardika, Maryani, E., & Rizal, E. (2022). Manajemen konflik dalam organisasi: Konflik kepercayaan dalam organisasi gereja Bfa Bandung. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 6(1), 86–93.

Mulyasa. (2012). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Pakpahan, B. A. S. (2022). Budaya organisasi, manajemen konflik, keadilan prosedural, dan kepuasan pada pekerjaan. Publica Indonesia Utama.

Rusdiana. (2015). Manajemen Konflik. Bandung: Pustaka Setia.

Suncaka, E. (2023). Manajemen konflik di sekolah. Journal on Education, 5(4), 15143-15153.

Suryani, N. K., Sri Laksemini, K. D. I., Ximenes, M. M. SE., & Mateus, S. E. (2019). Buku ajar perilaku organisasi. Nilacakra.

Wikansari, R., Sri Mulyono, S. E., Kustina, K. T., Supraptiningsih, J. D., Liana, S. T. W., Sofyanty, D., Abdul, K. M., Khasanah, S. IP., & Ximenes, M. Kom. (2022). Manajemen konflik. Cendikia Mulia Mandiri.

Downloads

Published

2024-06-26