Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektivitas Siswa

Authors

  • Savira Savira Saba Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Optimalisasi, Teknologi, Efektivitas Siswa

Abstract

Penerapan teknologi dalam penilaian dan umpan balik dalam pembelajaran telah membawa manfaat signifikan bagi guru dan siswa. Artikel ini menyoroti beberapa manfaat utama dari penggunaan teknologi dalam konteks ini. Metode yang diterapkan dalam studi ini adalah penelitian pustaka, yang juga dikenal sebagai library research. Penelitian pustaka merupakan upaya penelitian yang dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, dan penelitian terdahulu yang berkaitan dengan subjek penelitian yang sedang dilakukan. Teknologi meningkatkan efisiensi dengan memungkinkan pengelolaan tugas dan ujian secara elektronik, mengurangi beban kerja administratif guru. Teknologi memastikan ketepatan dan konsistensi dalam penilaian dengan menerapkan kriteria dan standar yang konsisten. Teknologi memungkinkan umpan balik yang cepat dan tepat waktu kepada siswa, membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan mereka. Sistem penilaian daring dapat diprogram untuk memberikan umpan balik yang dipersonalisasi, mendukung bimbingan terarah kepada setiap siswa sesuai kebutuhan dan kemajuan mereka. Analisis data yang mendalam memungkinkan identifikasi tren dan pola kinerja serta area-area perbaikan dalam pengajaran. Sistem penilaian daring memfasilitasi kemitraan antara guru, siswa, dan orang tua dalam mendukung kemajuan belajar. Memanfaatkan  data, guru dapat terus meningkatkan strategi pengajaran mereka. Terakhir, keterlibatan siswa ditingkatkan melalui penilaian daring, memungkinkan mereka untuk mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka. Dengan demikian, penerapan teknologi dalam penilaian dan umpan balik memberikan kerangka kerja yang efisien dan efektif bagi pembelajaran yang terarah dan berkelanjutan

References

Afandi, Junanto, T. & Afriani, R. (2016). Implementasi Digital-Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Surakarta, Universitas Negeri Surakarta, pp. 113-119.

Akhmadi, A. (2021). Implementation of Blended Learning in Training Penerapan Blended Learning Dalam Pelatihan. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 78–87.

Daheri, M., Sarnoto, A. Z., Riyadi, S., & Prastawa, S. (2023). Dampak Permainan Kekerasan Online Terhadap Karakter Anak: Sistematik Literatur Review. Journal on Education, 5(4), 11791– 11803.

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).

Dirgantoro, E. W., & Fauzan, L. A. (2016). Sosialisasi Manfaat Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid 19 Pada Masyarakat Pesisir Desa Tanete Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–23.

Dwi Rita Nova, D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113.

Gunawan, A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Melalui Penggunaan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran IPS SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), pp. 16-24.

Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320–328.

Harijanto, B., P, D. K., & Nova, B. P. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Proses Belajar Mengajar Online Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Student Centered Learning (Scl). Jurnal Informatika Polinema, 4(1), 17.

Misbah, D., Surya, M., & Maskur, M. (2017). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran yang berbasis Power Point model Pop Up untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kosakata mata pelajaran bahasa Arab. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(2).

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Sukabumi, Universitas Muhammadiyah, pp. 1-9.

Sunanjar, F., (2016). Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Jakarta: Kompasiana

Downloads

Published

2024-06-26